Ujian Kerendahan Hati

Minggu, 03 April 2011

Ujian Kerendahan Hati

1 SAMUEL 16:11-13, 17:13-18

Bisa kah anda bayangkan sebentar jika seandainya Anda menjadi Daud pada waktu ia menjadi raja ?? Akankah ada suatu perubahan dalam diri anda?? misalnya, gaya berjalan, berbicara, dan bersikap ?? bayangkan saja, kita yang semula hanya seorang gembala yang sederhana, tiba-tiba dipromosikan menjadi raja Israel yang akan datang.
Mungkin jika kita ada di dalam posisi Daud, kita mungkin sudah meninggalkan kambing domba bahkan keluarga kita. Mengapa?? Dengan angkuh mungkin kita akan berkata "Aku kan Calon raja, Masakan aku harus menggembalakan kambing domba ? "

Namun, Sosok Daud bukanlah sosok yang demikian. Setelah ia di urapi menjadi Raja, Ia masih bersedia menjaga kambing domba. Promosi yang membuatnya menjadi seorang pemegang tahta di Israel tidak membuatnya menjadi sombong. Ia adalah calon Raja, Akan tetapi ia tetap terus setia melakukan perkara-perkara yang masih menjadi tanggung jawabnya. Begitu juga dengan sifatnya terhadap keluarga dan sanak saudaranya, ia tetap taat kepada orangtuanya, serta tetap hormat kepada kakak-kakaknya. Sungguh suatu sifat yang harus di teladani.

Dewasa ini, banyak orang yang tidak dapat lagi menjaga hati saat keadaannya meningkat. Baru sedikit saja dipromosikan ( yang merupakan anugerah Tuhan ), ia langsung berubah hatinya. Tidak lagi rendah hati, melainkan menjadi orang yang sombong. Dulunya ia setia kepada perkara-perkara yang kecil, setelah hidupnya menjadi nyaman dan berlebihan, ia meninggalkan perkara tersebut, ia sudah malu untuk melakukan hal-hal/perkara yang kecil tersebut.

Jagalah hati saat hidup kita "dipromosikan" Tuhan. Tuhan adalah sosok pribadi yang sangat menghargai kerendahan hati kita. Ada sebuah untaian kata yang mengatakan bahwa PENGURAPAN TUHAN ITU JUSTRU MENGALIR DARI HAL-HAL KECIL YANG KITA KERJAKAN DENGAN SETIA. Belajarlah untuk selalu rendah hati, untuk selalu merendahkan hati kita untuk melakukan perkara perkara yang kecil meskipun kita sudah mendapat perkara perkara besar yang dapat ki lakukan..

DOA : Bersyukur kepada Tuhan atas setiap "promosi" dalam hidup kita, dan mintalaj kepada Tuhan agar kita selalu diberi hikmat untuk dapat selalu merendahkan hati kita dan tidak menjadi sombong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar